Papilio

Papilio

Wednesday, August 10, 2016

[Tools, Tips & Tutorials] Cara Flash/Update Xiaomi MIUI Rom

Update 
Tutorial ini hanya berlaku untuk Xiaomi Devices yang mempunyai Mi Recovery dan bootloader sudah unlock, untuk metode fastboot sementara hanya bisa di terapkan di device xiaomi yang mempunya SoC/Prosessor Qualcomm Snapdragon  Thanks to kak@Minfo & @Bukek.Siansu for update & pencerahan. 

Untuk System On Chip/Prosessor Mediatek kakak bisa pakai cara link di bawah ini (jika kakak tidak bisa masuk mi recovery atau tidak menemukan fastboot gambar kelinci):
[TUTORIAL] Cara Flash MIUI ROM di Xiaomi SoC MediaTEK dengan SP Flash Tools | Mi Forum Fans Indonesia

Daftar device yang tidak bisa pakai metode ini karna locked bootloader.
Cara pertama & kedua via Recovery
  1. Xiaomi Redmi Note 3 Pro (ROM abal2)
  2. Xiaomi Redmi 3/Pro/S/X (Rom abal2)
  3. Xiaomi Mi 5 (Rom abal2)
  4. Xiaomi Mi Max (Rom abal2)
Cara ketiga via fastboot sebelum unlock.
  1. Xiaomi Mi 4c (jika di miui 7.2)
  2. Xiaomi Mi Note Pro (jika di miui7.2)
  3. Terupdate

Pengguna Xiaomi lawas sebelum kelahiran Redmi 3 dan Redmi Note 3 bisa lanjutkan..

Catatan
Hapus Data/Cache (Wipe data Factory Reset) jika kakak ingin downgrade ke versi lebih lama & ganti tipe rom misal (Cina ke Global / Global ke Cina) (Rom Developer ke Global / Rom Global ke Developer) dll. 

Cara Pertama (Menggunakan System Update)
1) Download Full rom di MIUI Downloads - Xiaomi MIUI Official Forum
2) Pindahkan ke internal kakak jika tadinya ada di PC/Laptop
3) Buka Aplikasi "Pembaruan/Updater"
4) MIUI5 tekan tombol menu, MIUI5+ tekan opsi di pojok kanan atas > choose (pilih paket pembaruan) > arahkan ke file yang kakak download tadi.
Setelah memilih langsung akan mengupdate dan setelah 100% selesai device kakak akan boot dan memulai dengan rom versi yang kakak install tadi, saat pertama boot (menyala) akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. (ini normal). 

Catatan: Untuk di Mi4 proses update biasanya device tidak mati dan tidak masuk mode recovery, jadi dia akan update seperti proses download update, jika sudah selesai 100% dia akan minta mulai ulang. Mi3 kemungkinan sama sebab sama² cancro / dual system boot (dualboot).  mi2 juga kekna 

Cara Kedua (Menggunakan Recovery Update)
1) Download Full rom di MIUI Downloads - Xiaomi MIUI Official Forum
2) Pindahkan di root memori internal kakak jika tadinya ada di PC/Laptop
3) Rename (rubah nama) berkas zip yang kakak download tadi dengan nama "update.zip" tanpa petik.
4) Masuk Recovery mode, buka aplikasi updater seperti cara pertama, lalu pilih "Reboot to Recovery Mode/ Mode pemulihan" Atau kakak bisa masuk recovery dengan cara kondisi hp mati lalu tekan vol+ (tahan) dan power.
[​IMG]
Di dalam mode recovery kakak bisa gunakan vol- untuk turun dan vol+ untuk naik dan tombol power untuk memilih. Pilih bahasa di recovery mode nya, lalu pilih "Install Update zip to system" tunggu sampai 100% dan hijau
[​IMG]
Pilih back dan reboot jika hp kakak tidak auto reboot. 

Cara ketiga (Menggunakan metode Fastboot)
Cara ini berbeda dengan kedua cara di atas ya, cara ini membutuhkan pc/laptop dan juga beberapa aplikasi seperti Mi PC switch untuk install driver nya di pc kakak, dan juga Miui Flasing Tools. Cara ini kebanyakan saya pakai jika saya mengalami boot loop pada xiaomi saya, cara ini juga sering saya gunakan untuk ganti tipe rom dari developer ke global dll, cara ini adalah cara paling mudah jika xiaomi kita terkena boot loop stuk di logo, dll. Cara ini secara default akan memformat semua isi device kita, data app, internall dll, informasi script bat nya yaitu flash_all_except_data_storage.bat akan flash semua kecuali data dan intenral, sedangkan flash_all_except_storage.bat akan flash semua kecuali internal kakak aja, namun secara default ini menggunakanflash_all.bat jika kakak tidak memilih advance pada opsi browse nya, jika kakak pakai miflash yang terbaru opsi ini sudah ada di bawah. cek gambar di bawah ini:
[​IMG]
karena ini sering di gunakan untuk mi fans yang suka oprek, untuk pengguna Linux pakai file yang *.sh yah, ok kita mulai, siapkan bahan²nya terlebih dahulu ya 

1) Install driver xiaomi kakak, saya rekomendasikan menggunakan Mi PC Swich.
2) Download & Install MIUI Flashing Tools (27mb) di sini.
3) Download Rom sesuai device kakak, berkas rom ini berbeda jika kakak menggunakan metode fastboot, bukan *.zip tapi *.tar.gz kakak bisa mencari rom sesuai device kakak pada tab "Device" di forum official. Pilih tipe device kakak, lalu pilih tipe "ROM" cari trid yang berawalan [ROM], biasanya trid berjudul [ROM] versi MIUI Global/Stable/Cina/Developer Rom versi Changelog & download recovery* fastboot*, yang saya beri tanda "*" mungkin juga tidak ada, oke nanti di situ kakak akan menemukan link rom nya, ingat ekstensi file untuk ini adalah *.tar.gz / *.tgz jika sudah di download mari kita lanjutkan.

1) Masuk mode fastboot dengan cara tekan tombol "vol-(tahan) dan tekan power" hp dalam kondisi off.
[​IMG]
Jika sudah colok USB device kakak ke PC/Laptop kakak, tunggu sampai pc mendeteksi device kakak.
2) Buka (Ekstrak) file rom yang kakak download tadi di pc gunakan aplikasi 7zip jika kakak kesulitan.
[​IMG]
3) Pindahkan hasil folder dan isi yang kakak ectrack tadi pada root dir/disk kakak, misal  "D:\disini\"
4) Buka Mi Flash tool (MiFlash.exe) yang kakak install tadi ya. Jika komputer kakak tadi sudah mendeteksi perangkat fastboot yang kakak colokin tadi mi flash tools akan mendeteksi perangkat kakak.
[​IMG]
Klik kotak biru [Brose..] arahkan pada folder rom yang kakak extract tadi, klik kotak kuning [refresh] jika perangkat kakak belum di deteksi, klik kotak merah [Flash] untuk memulai flashing.
5) Tunggu sampai proses menunjukkan selesai dan status mengatakan "*complete*"
[​IMG]
device kakak akan reboot dan memulai sistem baru dengan versi yang kakak flash tadi.
sumber mifans.web.id dari initial m

No comments:

Post a Comment